KOMPONEN ABIOTIK

  • 0
A>. CAHAYA MATAHARI

Cahaya matahari sangat berperan penting dalam kehidupan organisme. Selain untuk fotosintesis, cahaya matahari juga berperan dalam merancang berbagai aktifitas hewan dan tumbuhan. Misalnya ada hewan yang aktif pada malam hari, ada yaog aktif pada siang hari.


B>. AIR

Air merupakan alat transportasi utama dalam tubuh mahluk hidup. Siklus air sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek pada pertumbuhan tumbuhan dan hewan.


C>.SUHU DAN TEMPERATUR

Makhluk hidup pada umumnya tidak memiliki pengukur suhu, sehingga suhu tubuhnya menjadi kira-kira sama dengan suhu lingkungannya. Suhu sangat berpengaruh pada kegiatan metabolisme tubuh organisme. Suhu optimum adalah suhu paling baik untuk hidup suatu organisme, yaitu 10-34 derajat C.


D>.TANAH

Tanah merupakan lapisan tipis alami yang menutup permukaan bumi yang menunjang kehidupan. Tanah merupakan tempat pertumbuhan akar yang secara terus menerus menyediakan air dan unsur hara makanan berupa garam mineral bagi tumbuhan. Tanah dibentuk dari hasil proses pelapukan batuan mekanis dengan angin hujan sehingga terjadi peretakan dan pemecahan.


E> MINERAL DAN GAS

Garam mineral sangat penting artinya bagi tumbuhan untuk proses fotosintesis, terutama nitrogen, fosfor, kalsium Dll. Pemberian pupuk untuk tanaman mengandung 3 unsur utama yaitu nitrogen, kalium, dan fosfor yang tujuannya untuk meningkatkan produksi tanaman.


F> PH

PH atau derajat keasaman tanah atau air mempengaruhi distribusi tumbuhan dalam tanah dan air. Tanaman umumnya sangat peka terhadap perubahan PH. Beberapa tanaman dapat hidup pada keadaan asam, sebagian lainnya bertahan hidup pada tanah dengan PH netral dan PH tanah asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)