KOMPONEN BIOTIK

  • 0
A. HABITAT DAN NICHE

"Habitat" merupakan tempat hidup suatu organisme, sehingga habitat dapat dianggap sebagai alamat organisme tersebut. Misalnya ikan mujair hidupnya di air tawar, ikan paus hidup di laut,dll. Habitat juga dapat menunjukan tempat hidup organisme bersifat umum, seperti habitat darat, habitat laut, habitat air tawar.Dll.
"Niche" merupakan tempat hidup suatu organisme dengan karakternya dalam ekosistem. Jadi selain mengetahui tempat hidupnya, kita juga mengetahui fungsi yang dimilikinya. Apakah sebagai konsumen, apakah sebagai produsen, bagaimana reproduksinya, bagaimana tingkah lakunya dsb.

B. POPULASI

Populasi adalah sekumpulan individu satu spesies dan menempati tempat tertentu. Misalnya populasi banteng yang ada di Cagar Alam Pangandaran, populasi banteng yang ada kebun binatang Ujung Kulon.
Populasi juga dapat di artikan sebagai sekumpulan individu yang mempunyai potensi untuk melakukan perkawinan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya.

C. KOMUNITAS

Komunitas merupakan kumpulan populasi yang hidup ditempat tertentu dan saling berinteraksi. Interaksi dapat terjadi antar individu dalam populasi yang sespesies atau antar individu yang berbeda populasi atau berbeda jenis. Misalnya antara serangga dan burung, antara ayam dengan angsa,dsb.
Beberapa interaksi antarindividu dalam komunitas seperti berikut ini :
(1)Kompetisi
adalah persaingan dalam usaha mempertahankan diri, baik untuk dirinya maupun populasinya. Persaingan. Persaingan terjadi dari hal yang paling dasar, seperti makanan, tempat tinggal atau perkawinan.
(2)Predasi
Dalam mempertahankan diri atau populasinya, terkadang organisme harus membunuh organisme lain. Seperti rantai makanan. Misalnya produsen dimakan konsumen, konsumen 1 dimakan konsumen lain.
(3) Simbiosis
adalah hubungan dua jenis populasi atau lebih yang bersifat langsung dan sangat erat. Simbiosis terdiri atas:
a.Mutualisme, yaitu hubungan 2 jenis individu atau populasi yang saling menguntungkan. Contohnya kerbau dan burung jalak.
b.Komensalisme, yaitu hubungan 2 jenis makhluk hidup, yang satu untung dan yang satu tidak dirugikan. Contohnya,ikan remora yang selalu mengikuti ikan hiu. Mendapat keuntungan dengan makanan sisa yang dikeluarkan dari mulut ikan hiu.
c.Parasitisme, yaitu hubungan 2 jenis mahluk hidup yang merugikn mahluk lain. Misalnya cacing hati yang hiup parasit pada tubuh domba sangat merugikan karena dapat menimbulkan penyakit.

Populasi dalam komunitas memiliki tugas dan peran yang berbea sesuai dengan sistem yang dimiliki oleh masing-masing populasi. Peran tersebut adalah sbb:
¤produsen, yaitu kelompok makhluk hidup yang berklorofil mulai dari makhluk mikroskopis sampai makhluk tingkat tinggi. Makhluk ini disebut juga makhluk yang memiliki kemampuan menyediakan makanan sendiri (autotrof).
¤konsumen, yaitu organisme yang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sehingga tergantung pada organisme lain. Organisme ini disebut heterotrop, yang terdiri atas herbivora, karnivora, dan omnivora.
¤pengurai, yaitu populasi makhluk hidup yang memiliki kemampuan dalam menguraikan senyawa kompleks yang terdapat pada hewan dan tumbuhan yang sudah mati menjadi senyawa sederhana berupa makanan (nutrient) yang sangat diperlukan oleh tumbuhan. Pengurai terdiri dari populasi dengan ukuran mikroskopis.


D. SUKSESI

adalah komunitas disuatu areal tertentu dan terbentuk dalam jangka waktu yang sangat lama. Contoh komunitas pada daerah berbatu dimulai dengan munculnya komunitas perintis seperti tumbuhan alga hijau biru diikuti tumbuhnya tanaman yang lebih besar kemudian diikuti dengan munculnya jenis hewan pemakan tumbuhan tersebut sehingga terjadi keseimbangan lingkungan (komunitas klimaks). Pembentuk komunitas tersebut disebut suksesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)