Masa Orientasi

  • 0
Masa orientasi biasanya menjadi sarana buat para senior untuk balas dendam atas apa yang mereka dapatkan dari senior mereka sebelumnya. Apakah ada manfaatnya? Apakah junior mereka merasa terdidik? Apakah juga mereka binatang diperlakukan seenaknya tanpa adanya ksempatan membela diri?

kebiasaan memarahi di dalam suatu kegiatan seperti masa orientasi kebanyakan tak ada tujuan yang masuk akal. Itu pengalaman saya ketika SMK, mereka marah-marah tanpa jelas,dan karena hal spele, menghambur-hamburkan suara,masih untung suaranya ga abis. :angry:
menguji mental? Memangnya pengujian mental selalu dengan memarahi, itu memarahi menurut pengalaman saya, bukan menguji mental. Karena saya gak ngerti sebenarnya menguji mental itu seperti apa.

masa orientasi menurut pendapat saya adalah dimana setiap orang baru diperkenalkan dengan apa yang mereka gak tahu. Asumsi tadi, saya ambil contoh dari pengalaman sebelum saya kuliah. Pesan yang disampaikan saat orientasi masa SMA dulu malah gak ada pelajaran yang bisa saya dapat. Saya malah merasa tegang dan takut. Ga ada manfaatnya selain malah kesal sama orang itu.

Namun lain halnya dengan apa yang saya dapatkan kemarin waktu OSABA. Pesan orientasinya tersampaikan. Dalam sidang pleno kemarin dimana emang mereka mengeras-ngeraskan suara, tapi dalam forum yang tepat. Dimana kita dituntut untuk konsentrasi dan yakin serta mereka coba membunuh karakter. Walaupun sangat melelahkan dan menguras fikiran karena waktunya dari jam 22.00-02.30. Dan saya bisa mengerti apa maksud mereka.

Jadi gak usah lah memarah-marahi tanpa hal yang mendidik. Gak ada gunanya pada masa orientasi seperti itu. Coba deh kalo memang tetap mau memarahi, dalam hal yang bermanfaat dan bisa mereka tangkap apa maksud kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)