Kutub Pangalengan dengan keseksian alamnya

• 0
pangalengan adalah salah satu tempat di daerah Bandung, kalo gak salah mah bandung barat. yang masih memiliki keindahan alam yang terus terjaga. dan termasuk daerah pegunungan yang sangat asri berbeda dengan kota-kotanya yang penuh polusi
            Pemberangkatan yang janjinya jam 09.00 ternyata ngaret abis,sampai jam 12. Ckckc… setelah itu kita berangkat. Dateng ke pangalengan sudah mulai mencium bau aroma dingin yang padahal matahari sangat terik, namun aroma dingin itu sudah mulai Nampak. Wadoowh siap-siap dah menghadapi dingin kutub pangalengan.

Situ Cileunca
            Sorenya tanpa isitahat lama-lama kita langsung tancap ke Situ Cileunca, dari rumah temenku yang entah daerah apa, perjalanan menuju Situ Cileunca cukup dilewati dengan berjalan kaki. Entah berapa KM, tahu-tahu kaki udah bengkak, namun semua itu tak terasa dengan suguhan alam yang elok.
Suasana kaki mulai tak bersahabat, namun di tengah perjalanan itu, kita sudah mulai melihat siluet situ cileunca, walaupun kaki sudah tak bersahabat namun sewaktu melihat situ dari kejauhan semua peluh hancur dah,,,. Sampai di Situ, mata melotot memandang keangguanan Situ Cileunca, indaah banget.

Curug (air terjun) Dewa
Paginya setelah melewati dingin malam yang sangat extrim, perjalanan dilanjutkan kesuatu tempat di pagi itu, tanpa dimulai dengan sarapan hanya segelas susu murni mengantar perjalanan pagi itu. sama temenku yang punya pangalengan,,, maksudnya orang pangalengan ntu, kita dibawa menyusuri hutan, namun perlu tahu hutan disana gak kayak di Ciamis, Hutan disana banyak ditumbuhi sayur-sayuran, dan padang rumput. Indah banget,, namun keindahannya terhapus dengan lelahnya kita berjalan entah berapa puluh kilometer. Tanya sama pemandu, katanya sebentar lagi, namun,,, weiiik sebentarnya itu kayaknya 5 KM.. ckckc.
Sampai di PLTA cisangkuy, kita sempat istirahat sambil foto-foto pastinya, sebelum diusir sama petugas..hehe. perjalanan dilanjutkan dah. Sampailah kita di suatu tempat, dengan perjalan yang sangat melelahkan, penuh perjuangan ternyata kita menuju Curug, namun huffft sampai disana Curugnya lagi kekeringan …hiks… tapi ada satu lagi curug penolong kita, namanya Curug Dewa, yang letaknya didalam atau dibelakang curug tadi. Dan…. Hmmm aroma alam semakin membuat dahaga. Indah banget…. Dengan air yang amat sangat dingin.
Pulangnya kita gak ke jalan setapak tadi, tapi sekarangmah lewat jalan gede, namun jarang ada yang lewat selain petani kayaknya. Diperjalan itupun pokoknya keindahannya gak ada habisnya dah, sepanjang perjalanan sayur-sayuran bertengger, pohon-pohon penghasil pertanian juga nangkring dengan gagahnya. Cckckkc kaya banget pokoknya. Iri sama pangalengan…

Pemandian Air Panas Cibolang
Kita melanjutkan perjalan ke Cibolang, dengan menyewa mobil colt. Kita berangkat ke Cibolang sore itu, dan gak nyesel pokoknya perjalan dengan mobil Colt, coz karena dengan mobil entu, kita bisa menikmati keindahan kebun Teh yang amaaaaat luas, dan konon katanya kebun teh disana teh bekas syutingnya film My Heart Acha sama Irwansyah, inget gak? Paradisooo banget… indaaah.
Dengan merogoh kocek tiket masuk yang kurang dari 10.000 kayaknya,Sampailah kita di Pemandian air panas Cibolang kita disuguhi berbagai macam pemandian, ada pemandian terapi ikan, pemandian air hangat dll. Dengan tak sabar kita nyemplung dah ke kolam, dannn hmmm gila panas banget, setelah berendam beberapa lama, kita naik karena airnyapun mulai surut mungkin karena udah sore. Dan jangan heran deh, namanya juga pemandian air hangat, WCnya pun sama angetnya, kalo buat nyeduh kopi mah lumayan deh.
Kalo difikir-fikir air dipangalengan gak ada yang normal, yang dingin ya dingiiin banget, yang panas, panasnya gak bikin anget,,alias terlalu panas.
Nah buat yang lagi nyari tempat liburan atau tempat Camping, kayaknya itu pangalengan bisa jadi pilihan, selain murah meriah panorama alam yang disuguhkannya pun gak ngebosenin.

Makanan Khas Pangalengan
nah, kalo ngomong-ngomong liburan kesuatu daerah kayaknya gak lengkap deh kalo gak nyicipin yang namanya makanan khas, dan salah satunya dipangalengan ada juga makanan khas orang sana. pertama susu sapi murni, selain tanaman sayurannya yang banyak, pangalengan juga penghasil susu sapi. selain itu ada juga makanan olahan dari susu itu sendiri, kaya permen karamel, kripik susu dll.

Malam Terakhir di Pangalengan L
Sampailah kita di malam terakhir, sedih sangat, kehangatan, canda tawa harus sirna gitu ajah. tapi malam terakhir gak kita lewatin kayak malam sebelumnya, malam terakhir diakhiri dengan prosesi bakar jagung depan rumah. Dengan taburan bintang yang seolah menemani malam terakhir kita di Pengalengan. Serta prosesi bakar jagung yang sangat melelahkan, karena perjuangan ngebakar berjam-jam gak seimbang dengan  memakannya yang gak butuh waktu 5 menit.
Setelah prosesi bakar-bakar kita juga gak mau ngelewatin waktu gitu aja, diakhiri lagi dengan permainan sederhana namun menguji kujujuran dan persahabatan. Ya, itulah permainan kejujuran. Dengan sebuah gasolin kita memainkan acara dengan hati degdegan karena pertanyaan-pertanyaan aneh pasti muncul. Dan memang ternyata pertanyaan-pertanyaan gokil, seru, kritikan, pokoknya semua hal yang pastinya bikin penasaran malam itu ditanyakan dengan tanpa canggung, dan pastinya melegakan. Hmmm indah pokoknya, semua unek-unek yang selama ini terpendam satu demi satu terbongkar, ya, namun tak indah yang namanya sahabat jika tak ada buka-bukaan diantara kita J love you sob…
Tanks to :
Siti Rohmah – yang udah bersedia rumahnya diacak-acak, dan nganterin ke tempat-tempat yang indah
Iera – yang selalu ceria dan nemenin foto-foto
Fu’ah – yang udah bikin ketawa dengan bajunya, dan ejekan-ejekan yang bikin tahu siapa aku…
Teh Siti Nurhasanah – anak fisika yang udah bersedia bergabung dengan anak perbandingan agama
Ari – yang selalu bikin kehangatan dan sakit perut karena ketawa dan ejekannya.
Busro – yang juga selalu bikin ketawa.
Opi – atas kritikan-kritikan yang membangun, dan senantiasa bersabar sama cewek-cewek yang dandannya lama.
Khaerudin – yang udah perhatian dan mengerti sama cewek-cewek
Fazil – yang udah rela telat ke Imigrasi demi ke pangalengan bareng kita…