kerudung

  • 0
dengan ditemani iringan lagu bang Iwan Fals, dan rintikan hujan yang dari tadi tak juga reda aku ingin menuliskan sesuatu, yang mungkin merupakan unek-unek hatiku dan juga sumbangan ide dari si cevot alias si beuqok yang selalu menyalurkan beribu-ribu ide yang membuatku semakin pusing. karena ide satu belum kelar, ide satu lagi sudah datang. Tapi terimakasih juga karena dengan ini aku bisa lebih konsisten untuk belajar menulis.. hehe

menyingkap wanita memang tak ada habis-habisnya, mulai dari gender yang menjadi pertentangan disana sini karena posisi perempuan yang tidak diindahkan. tubuhnya yang tak pernah terlewat dari godaan laki-laki, dan satu lagi yang sedang menjadi trend terutama kalangan mahasiswi muslim yaitu kerudung.
Dari maraknya gaya penutup kepala wanita atau lebih maraknya disebut jilbab atau kerudung . mulai dari kerudung tipis yang disebut paris yang bisa diputar sana-sini, kerudung bergaya ninja, yang dipakai bersilang silang, yang diangkat keatas, diputar-putar dan membentuk kepala seutuhnya.
Kerudung yang tidak hanya dipakai oleh santri-santri yang berbaju longgar, tapi juga oleh artis-artis dengan berbagai cara pemakaian dan trend yang semakin menarik, mahasiswa-mahasiswa universitas islam yang memadukannya dengan jins ketat dan baju-baju ketatnya pula, model-model di televisi yang berlenggok-lenggok di catwalk pun memakai jilbab.
Menghadapi zaman yang baru, semuanya pun serba baru, serba modern, dan serba mutakhir. Mengakibatkan esensi dari suatu hal tersebut bisa berkurang bahkan hilang bukan?

sadar tidak sadar esensi dari agama mulai terkikis dengan segala yang serba modern ini, segala tingkah laku dan hal lainnya sudah jauh dari orientasi agama yang didalamnya mencakup quran dan sunnah. Sudah kita maklumi sekarang perbedaan pendapat antar madzhab, karena kita tahu semuanya itu hanya hasil dari pemikiran manusia yang Tuhan beri kemampuan berfikir dan rasa penasaran yang tinggi. Tapi yang harus lebih kita perhatikan lagi saat ini, ketika orientasi keTuhanan mereka mulai terkikis. Segala yang dilakukanny jauh dari kesadarannya terhadap Agama, dan lebih karena trend, atau pandangan masyarakat.


pertanyaannya kenapa sih wanita-wanita  diharuskan untuk menutup aurat?
kita tahu sendiri dari segi manapun wanita selalu mengundang hasrat bagi lawan jenis, karena Tuhan menciptakan wanita dengan begitu indahnya, begitu uniknya, dan lain dengan pria. Wanita selalu menjadi bahan fitnah karena itu tadi, mereka dikondratkan sebagai makhluk yang indah, dan lelaki sebagai lawan jenis akan mudah terganggu imannya. Jika wanita yang tidak menjaganya, jika terjadi suatu hal pada dirinya maka bukan wanita itu yang disalahkan tapi prialah yang disalahkan. padahal siapa yang salah?

maka dari itu, islam memerintahkan wanita untuk menutup aurat, kita tahu semua batas aurat wanita yang boleh terlihat hanya telapak tangan dan muka. Dan berkrudungpun tidak serta merta menutup rambut saja, tapi juga menutup dada seperti disebutkan dalam QS.An Nur :
"katakanlah kepada wanita yang beriman: "hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memlihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak daripadanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka , atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman suapaya kamu beruntung".

lain waktu dilanjutkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)