back to uiniversitas

  • 0
Come back dari liburan bentar lagi masuk kuliah niiii... 1, 2, hmmm gak kerasa 2 hari lagi, tapi Tuhan sayang aku, seminggu sebelum masuk kuliah, di ma’had tu udah masuk... ya, dan yang pasti kegiatannya semakin full. Hmmm tapi yang namanya belajar pasti ada ramenya, betenya, ngantuknya juga gak kelewatan tuh.
Tapi masih tetep gak tenang nih hati, IP nya belum keluar. Walaupun hati aku masih belum tenang tapi aku yakin IP aku harus bagus tuh. Pede banget ya aku ini, ya iyalah ngapain juga baca the secret kalo gak diaplikasiin. Hehe gaje...

Kuliah belum masuk tapi kegiatan jurusan masih berjalan, dan kebetulan tuh kemarin 4 februari hari raya imlek, jadi sebagai mahasiswa yang jurusannya agak aneh menurut aku(hehe) ngintilin yang ngadain acara imlek itu. Macem-macem pasti fikiran orang-orang tentang kita yang selalu always ngikutin acara kayak gituan. Ada yang fanatik (maybe) ada yang dukung(maybe), ada yang acuh. Ya pastilah semuanya juga gitu. Apalagi kalo kita nerima makanan dari mereka. Sedikit demi sedikit komentar msuk ke telinga, tapi buat aku yang ngejalanin pastinya enjoy aja. Toh itu rizki, hehe..
Tepatnya di PT Kahatek cijerah bandung. Pertama masuk si agak aneh gitu, karena aku kira bakal masuk ke tempat ibadahnya ntu, eh taunya malah ke PT. Dan ternyata disana lagi ngadain acara makan-makan bareng para karyawan yang hampir cowok semua. Hmmm dan yang pasti aku kecewa banget, coz malu juga kesana malah ikut makan-makannya doang. Namun ada sedikit pemandangan yang khas konghucu banget, pas masuk tepat di depan bangunan (entah bangunan apa) dihiasi dengan lampion-lampion merah dan sedikit corak warna emas.
Namun pastinya pulang gak mengecewakan banget , karena dapat makanan. Husss ya bukan lah, coz di akhir acara kita ngajak ngobrol si bapak ketua yang wajahnya oriental Mandarn banget, dengan baju kimono merah. Dia maparin apa-apa yang ada di imlek ntu. Seperti gini... hari raya imlek yang pasti banyak makanan yang wajib, seperti kalo aku bilang sih dodol china, tapi kata si bapaknya kalo gak salah namanya TiamPan, hmmm kalo gak salah sih, trus kalo liat dari labelnya sih namanya dodol keranjang terbuat dari tepung beras, gula merah dan vanili. Yang pasti dari sebuah dodol itu kata mereka ada makna filosofisnya, yang pertama bentuknya bulat, itu karena tahunnya udah sempurna, dan bulat... hmmm gak terlalu faham sih apa maksudnya. Trus dari rasanya yang manis, rasa manis itu melambangkan bahwa mereka berharap kelak akan melewati tahun dengan manis.
Trus ada lagi yang namanya AngPau, pasti udah pada tahu lah. Karena sebagian dari umat islam juga suka nyebut pemberian dari orang tua itu angpau. Adapun AngPau itu ada dua macem, yang warna putih dan merah. Kalau AngPau itu warnanya merah dilihat dari asal katanya sendiri “ang” anrtinya merah dan “Pau”artinya amplop. Dan diberikan kepada saudara keturunan dan anak. Trus kalo Pepau itu warna amplopnya putih, dan katanya biasa di kasihkan kepada orang tua yang udah meninggal, kepada lansia, anak muda yang belum bekerja, saat menikah.dll.
Adapun untuk warna, mereka selalu pake warna merah dan warna emas tuh punya arti juga lho. Warna merah punya arti keceriaan, trus warna emas itu kemakmuran. Trus katanya dewa mereka ada yang namanya dewa bumi, penjaga pintu, dapur. Para dewa itu hanya simbolis saja menurut pak Bambang orang yang kami datangi itu, adapun dewa bumi, itu mengartikan bahwa agar manusia takut merusak bumi. Trus dewa penjaga pintu, agar gak ada yang berani masuk rumah tanpa izin karena disana ada dewa. Dan yang terakhir dewa dapur itu mempunyai arti bahwa kalo udah rumah tangga dapur kita harus selalu mengepul, buat apa? Karena itu menandakan bahwa keluarganya bisa makan, dan dapur itu harus selalu bersih. Ya Cuma segitu penjelasan yang bisa aku tangkap. Adapun yang lainnya masih panjang tapi, takutnya salah ngasih pemaparan, karena aku Cuma nulis waktu itu gak ngerekam. Takutnya yang salahnya tambah banyak. heu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)