Bertemu Ibu Shinta Nuriyah :)

  • 0
Diam di jurusan yang menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama sangatlah menyenangkan, karena selain bisa berkenalan dan bertegur sapa dengan senyum yang ramah di tempat ibadah mereka, kita bisa mengenali betapa indahnya perdamaian. 
seperti yang kemarin jurusan saya sediakan, kita diundang oleh Sokka Gakkai yang merupakan salah satu lembaga yang didirikan pada tanggal 13 Juli 2004 , dengan tujuan memprakarsai kesamaan harkat dan martabat kemanusiaan, mempromosikan kegiatan perdamaian, kebudayaan dan pendidikan. Komunitas ini adalah penganut Budha Nichiren. 
kegiatan ini dilaksanakan di mall Festival cittylink Bandung. Putri Gus Dur ibu Alisa Wahid berkomentar ketika tempat dialog ini ada di Mall. "di mall banyak orang-orang, sehingga diharapkan orang-orang yang lalu lalang di mall bisa merasakan perdamaian dan terpacu untuk ikut berdialog disini".
kegiatan kemarin adalah kegiatan bedah buku yang ditulis oleh bapak pluralis indonesia yaitu gus dur, dan presiden Sokka Gakkai Jepang Daisaku Ikkeda. Pertemuan ini sangat menarik, berbagai tetua lintas agama bergabung, dan duduk dalam kursi yang sama untuk membahas buku orang besar yang banyak dihina orang, yaitu Gus Dur. Gus Dur merupakan tokoh yang sangat saya kagumi, dia orang besar yang tak pernah memposisikan sebagai orang besar, tak enggan berdiri dengan gelandangan, berprinsip membela kaum yang tertindas. 
Selain itu, acara tersebut dihadiri oleh kekasih hidup Gus Dur yaitu ibu Shinta Nuriyah, dengan kursi rodanya dia masih tampak sebagai wanita yang bersemangat. Guratan wajahnya yang sudah mulai dikikis usia tak melumpuhkan semangatnya ketika menyanyikan lagu Indonesia raya.
dalam sekilas buku "Dialog Peradaban" yang saya baca dan sedikit pahami, banyak teguran, tuntunan, dan ajaran yang mereka ungkapkan, terutama mereka menghendaki agar kaum muda negeri ini tak pernah lepas dari yang namanya buku, bagaimanapun juga, sejak kecil orang-orang besar ini adalah orang yang sudah bersahabat dengan buku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berbagi pengalaman dan fikiran untuk terus belajar... :)